Profil Prodi Psikologi Islam

Program Studi  Psikologi Islam merupakan salah satu Program Studi  yang ada di UIN IB di bawah Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Program Studi  Psikologi Islam berdiri pada tahun 2001 dan mendapat izin operasional berdasarkan SK Dirjen Bagais DJII/167/2005 tanggal 1 Juni 2005. Pendirian Program Studi  Psikologi Islam dilatarbelakangi oleh keinginan tidak hanya untuk pengembangan ilmu, tetapi juga pembentukan Sumber Daya Manusia yang memiliki bobot kemampuan ilmiah dan akademik di bidang psikologi sekaligus pengetahuan keislaman yang kokoh.
Sejak berdiri tahun 2001 hingga saat ini Program Studi  Psikologi Islam telah banyak melahirkan alumni. Alumni ini sudah bekerja diberbagai instansi dan kota di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.
Untuk mendapatkan lulusan dengan kualifikasi yang sesuai kebutuhan pasar, maka Program Studi Psikologi Islam senantiasa berbenah dan terus meningkatkan kualitas. Mulai dari input mahasiswa yang terus mengalami peningkatan kualitas dengan seleksi yang lebih kompetitif, dan peningkatan sarana penunjang seperti Laboratorium Psikologi dengan penambahan alat-alat praktikum psikologi.