Kurikulum

Kurikulum yang diarahkan untuk mengembangkan kepribadian yang asertif, simpatik, memiliki keterampilan sosial yang baik dan beretos kerja tinggi. Kurikulum inti sebagai ciri kompetensi utama mencakup pengalaman belajar dan substansi yang mendukung ketercapaian kompetensi utama, sedangkan kurikulum institusional sebagai kompetensi pendukung dan kompetensi lain mencakup pengalaman belajar dan substansi yang mendukung pencapaian kedua kompetensi tersebut, dengan elemen-elemen yang terdiri atas:

  1. Nasionalisme dan Landasan kepribadian
  2. Penguasaan Akademik Kependidikan
  3. Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni.
  4. Kemampuan Berkarya dan Keterampilan
  5. Sikap dan perilaku dalam berkarya berdasarkan ilmu dan ketrampilan yangdikuasai.
  6. Penguasaan kaidah berkepribadian dan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Maksud dan tujuan pengembangan kurikulum KKNI Program Studi Psikologi Islam dapat dikemukakan sebagai berikut :

  1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian mengglobal telah membawa dampak rentetan psikologis terhadap kehidupan manusia. Kerentanan yang berujung pada sakit jiwa, stress, depresi, dan sebagainnya itu membutuhkan tenaga yang ahli dan berkompeten untuk menanganinya. Karena itu dengan program studi Psikologi Islam ini diharapkan menghasilkan sarjana yang ikut menjawab tantangan realitas, sekaligus memenuhi kebutuhan masa depan yang diperkirakan akan menghadapi masalah kejiwaan yang lebih banyak dan kompleks. Menurut kesimpulan para ahli, persoalan kejiwaan yang kian kompleks jenis dan penyebabnya belum cukup di tangani oleh psikologi modern. Akan tetapi perlu dicari uluran tangan dari psikologi alternative yang bisa digali dari ajaran Islam. Karena itu dengan Program Studi Psikologi Islam ini bisa dilahirkan para sarjana yang tidak hanya ahli dalam psikologi modern, namun sekaligus juga dalam tatanan aplikatif, bisa mengintegrasikannya dengan ajaran Islam.
  2. Secara akademis, di tengah maraknya Islamisasi pengetahuan (Islamization of Knowledge) Program Studi Psikologi Islam ini akan menjadi wancana pengembangan kajian dan penelitian dengan  pengintegrasian psikologi modern (kontemporer) dan islam. Melalui wancana ini dalam jangka waktu tertentu diharapkan akan lahir paradigma baru dalam psikologi yang berwawasan  Islam.
  3. Keluhan para dokter dalam merawat pasiennya di rumah sakit, dimana mereka sering mengalami kesulitan, karena perawatan medis saja tidak menjamisn penyembuhan secara total. Mereka memerlukan perawatan psikis atau pendamping orang sakit (pastoral care) di rumah-rumah sakit, puskesmas, dan pelayanan kesehatan lainnya.