Tentang Kami

Program Studi Psikologi Islam

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

            Alasan utama dibukanya program studi psikologi islam ini antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut : Pertama, Bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian mengglobal disebut revolusi industri 4.0 telah berdampak secara psikologis terhadap kehidupan manusia. Terutama gangguan kejiwaan, stress, depresi, dan sebagainnya. Karena itu dengan program studi psikologi islam ini diharapkan mampu menagani persoalan kejiwaan, stress dan depresi tersebut.

            Kedua, secara akademis, di tengah maraknya Islamisasi pengetahuan (Islamization of Knowledge) program studi ini akan menjadi wancana  pengembangan kajian dan penelitian dengan  pengintegrasian psikologi modern (kontemporer) dan islam. Melalui wancana ini dalam jangka waktu tertentu diharapkan akan lahir paradigma baru dalam psikologi yang berwawasan Islam.

           Ketiga, Undang-Undang No 22 tahun1999 tentang otonomi daerah, pemerintah Sumatera Barat bersama masyarakat telah berketetapan untuk menghidupkan kembali budaya tradisional minang kabau yang dikenal dengan istilah kembali ke surau. Pada masa dahuhu surau berfungsi sebagai tempat belajar mengaji, belajar pidato adat, dan belajar silat, namun sesuai dengan perubahan sosial maka fungsi surau semakin kompleks

Keempat, keluhan para dokter dalam merawat pasiennya di rumah sakit, dimana mereka sering mengalami kesulitan, karena perawatan medis saja tidak menjamin penyembuhan secara total. Mereka memerlukan perawatan psikis atau pendamping orang sakit (pastoral care) di rumah-rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang saat ini di Sumatera Barat berjumlah 17 buah rumah sakit pemerintahan, 24 buah rumah sakit swasta, 205 Puskesmas, dan 832 buah puskesmas pembantu (Data Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Juli 2003).