Laboratorium Psikologi

Keberadaan Laboratorium Psikologi sangatlah penting sebagai sarana mahasiswa dan dosen terutama dalam pelaksanaan praktikum matakuliah Psikodiagnostik. Selain itu, beberapa matakuliah juga memanfaatkan laboratorium psikologi untuk praktikum, diantaranya adalah matakuliah tes intelegensi, faal, dan psikologi eksperimen.

Laboratorium psikologi program studi psikologi islam berada di  lantai 2 gedung Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang terletak di Kampus II Lubuk Lintah Padang.

Beberapa alat-alat praktikum yang saat ini tersedia di Laboratorium Psikologi Prodi Psikologi Islam adalah :

  • Depth Perception Box adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur persepsi kedalaman. Pengukuran dengan menggunakan instrumen in menghasilkan data mengenai persepsi jarak relatif individu dengan objek yang diamatinya dengan atau tanpa gangguan.
  • Muller-Lyer Illusion Tester adalah instrumen untuk melihat kekeliruan yang dapat dilakukan dalam proses persepsi indra penglihatan
  • Wechsler-Bellevue Intelligence Scale (WBIS), adalah tes yang diberikan secara individual yang menilai berbagai bidang kemampuan intelektual dan menciptakan situasi dimana aspekkepribadian dapat diamati.
  • Tes IST (Intelligenz Struktur Test) merupakan salah satu tes psikologi untuk mengukur tingkat intelegensi seseorang. Tes IST sangat familiar digunakan oleh biro-biro psikologi saat ini.
  • PAPI Kostick, digunakan untuk mengukur dinamika kepribadian (psychodinamis) dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) yang termasuk perilaku dan nilai perusahan (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan atau situasi kerja dalam bentuk motif (need) sederhana dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role) yang terekam saat psikotes.
  • Culture Fair Intelligence Test. CFIT merupakan test yang dikembangkan oleh salah satu tokoh inteligensi terkenal yaitu Raymond Cattel. Test ini dibuat dengan latar belakang test masing Negara. Norma dan juga nilai-nilai pada suatu kebudayaan ini, dapat mempengaruhi hasil dari pengukuran IQ atau Inteligensi individu.
Ruang Kepala Laboratorium