Sambutan Ketua Program Studi

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Selamat datang di situs resmi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Program Studi Psikologi Islam. semenjak Program Studi Psikologi Islam ini didirikan pada tahun 2002, antusias mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan sangat tinggi, terbukti dari data-data peminat Program Studi Psikologi Islam, kalau dilihat dari skop UIN Imam Bonjol Program Studi Psikologi Islam merupakan peminat terbanyak nomor 2 setelah program studi ekonomi syariah.

Dapat dikatakan Program Studi Psikologi Islam merupakan penyumbang mahasiswa terbanyak dari program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Tahun 2014 ikut seleksi 1.217 yang lolos seleksi 131 orang mahasiswa, tahun 2015 ikut seleksi 282 yang lolos seleksi 135 orang mahasiswa, tahun 2016 yang ikut seleksi 953 yang lolos seleksi 156 orang mahasiswa, tahun 2017 yang ikut seleksi 1.397 yang lolos 173 orang mahasiswa dan pada tahun 2018 yang ikut seleksi 2.118 yang lolos seleksi 290 orang mahasiswa. Peningkatan mahasiswa dari tahun ke tahun tentu juga didukung semakin meningkatnya lulusan/tamatan Program Studi Psikologi Islam kalau dilihat dari data alumni pada tahun 2014 sebanyak 28 orang mahasiswa yang tamat, tahun 2015 sebanyak 39 orang mahasiswa yang tamat, tahun 2016 sebanyak 66 orang mahasiswa yang tamat, tahun 2017 sebanyak 99 orang mahasiswa yang tamat dan pada tahun 2018 sebanyak 76 orang mahasiswa yang tamat.

Program Studi Psikologi Islam berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam melayani mahasiswa/i, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun pengembangan bidang pendidikan. Dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, Kami optimis bisa terus berkarya dan mengembangkan Program Studi Psikologi Islam ke arah yang lebih baik dengan harapan menjadi Program Studi Psikologi yang unggul di wilayah Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

Program Studi Psikologi Islam juga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian bagi para Dosen dan turut mengikutsertakan mahasiswa/i untuk melakukan kegiatan penelitian. Program Studi Psikologi Islam mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran yang membuat mahasiswa/i merasa nyaman dikampus untuk terus mengembangkan potensi mereka. Adapun fasilitas yang disediakan oleh Universitas Potensi Utama juga sudah cukup memadai. Sejauh ini, seperti Sistem Informasi Akademik e-Journale-Library dan Ruang Laboratorium Psikologi.

Selain itu, kami juga mengembangkan jaringan kerjasama, seperti beberapa Universitas Swasta baik dalam maupun di luar Sumatera serta beberapa sekolah, lembaga konseling dan beberapa perusahaan yang bertaraf nasional. Harapan kami mahasiswa/i yang tercatat aktif sedang menempuh ilmu akan mendapatkan manfaat dan pelayanan optimal untuk mempersiapkan masa depan mereka sebagai generasi penerus kemajuan masa depan bangsa.

Semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Psikologi Islam di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dapat Anda sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Ketua Program Studi

Dr. Murisal., S.Ag., M.Pd